KIM KARANGBESUKI KOTA MALANG
December 8, 2022

Asal Mula Hilangnya Lidah Ikan Koi

Saat melihat ikan mas koi makan, pasti kita melihat mulut dan bibir koi yang mencuat ke atas air. Anehnya ikan ini tak mempunyai lidah, aneh sekali ya? Bagaimana cerita asal mulanya?

Dahulu kala, hidup sekelompok ikan koi di sebuah sungai yang mempunyai air terjun di atasnya. Ikan-ikan koi itu mempunyai satu hobi yang kurang mengenakkan yaitu suka membicarakan hewan lain atau biasa disebut menggosip. Hal yang dibicarakan pun beragam, mulai dari ikan lain, kura-kura, katak, bahkan singa sang raja hutan pun juga.

Hobi ikan-ikan koi ini semakin membuat hewan-hewan lain baik darat atau perairan menjadi terganggu. Kemarin siang, kura-kura di datangi banyak hewan lain yang mendengar kabar bahwa ia mempunyai banyak mutiara di dalam tempurungnya. Tentu saja kura-kura menyangkal dan menunjukan isi tempurung kosongnya kepada hewan-hewan yang mendatanginya.

Kemarahan hewan-hewan lain yang tidak senang akan hobi ikan koi semakin memuncak ketika singa sang raja hutan dikabarkan takut pada air. Singa yang sedang enak berendam pun marah.

“Enak saja aku dibilang takut akan air”geram singa. Kura-kura yang mendengar eraman sang singa pun langsung menjawab “Saya juga dibilang menyimpan banyak mutiara dalam tempurung”. Hewan-hewan lain yang mendengar keluhan singa dan kura-kura mulai berkumpul dan membicarakan ikan koi. “ Bagaimana bila kita berdo’a kepada tuhan agar ikan-ikan koi itu berhenti berbicara apalagi membicarakan sesuatu yang belum jelas tentang kita?” kata si kancil.

Semua hewan pun berdo’a dengan sungguh-sungguh kepada tuhan dan esoknya hewan-hewan mendapati ikan koi bisu karena tak mempunyai lidah untuk berbicara.

                                                            TAMAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.